Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Menabung Pada Tabungan Wadiah Di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar

Authors

  • Riyantari Agustin Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Kurniawati Kurniawati Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Iswahyuni Iswahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.20

Keywords:

Strategi Pemasaran, Minat Menabung, Tabungan Wadiah.

Abstract

Produk Tabungan Wadiah merupakan sebuah produk dari Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar. Dengan segala fasilitas serta jaminan keamanan yang baik nampaknya belum banyak menarik perhatian nasabah untuk menabung. Maka dari itu perlu adanya strategi pemasaran guna meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran yang di gunakan dalam meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar? (2) Bagaimana hasil dari adanya strategi pemasaran dalalm meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran yang di gunakan dalam meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar. (2)Untuk mengetahui bagaimana hasil dari adanya strategi pemasaran dalalm meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan terdiri dari 12 informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Bank Syariah Mandiri Menggunakan Strategi Pemasaran 4P (Produk (product), Harga (price), Tempat(place), Promosi (promotion), (2) Hasil dari adanya Strategi Pemasaran  yang dilakukan BSM maka akan menimbulkan aspek-aspek yang terdapat dalam minat   beli. setelah memenuhi aspek tersebut maka calon nasabah akan membeli produk tersebut dan menggunakannya yaitu produk tabungan wadiah.

References

Buku

Augusty, Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Moloeng, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank, Jakarta: Kencana

Stanton, William J. 1991. Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Sver W. Dagum, Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Jakarta: 2000, Cet ke 2, h. 804

Moloeng, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Skripsi

Abu Naim, 2019 “Strategi Pemasaran Tabungan Singun Dalam Upaya Meningkatkan Minat Menabung Masyarakat di BMT Dinar Rahmat Insasi Muamalat KCP Margasari Tegal”, Skripsi, (Purwokerto: IAIN), https://www.semanticscholar.org, diakses 12 September 2020

Nurlaila Magfiroh,2018 “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung Nasabah di BMT An-Nur Rewwin Sidoarjo”, Skripsi, (Surabaya: UIN Sunan Ampel), http://digilib.uinsby.ac.id, diakses 12 September 2020

Wawancarara online

Aulia Putri Nurmala , Pegawai Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020

Siti Rohmawati, Pegawai dan Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020

Irma Fatmasari, Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020

Randie, Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020

Ria Ashar, Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020

Downloads

Published

22-09-2022

How to Cite

Riyantari Agustin, Kurniawati Kurniawati, & Iswahyuni Iswahyuni. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Menabung Pada Tabungan Wadiah Di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 2(1), 18–30. https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.20

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>