Strategi Pengumpulan Dana Zis Melalui Sistem Berbayar Nontunai QRIS Dalam Meningkatkan Minat Donatur Di Baznas Provinsi Bali
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v1i2.16Keywords:
Strategi Pengumpulan, Minat Donatur.Abstract
Sebagai langkah untuk mengoptimalisasi pengumpulan dana ZIS, dibutuhkan sebuah strategi untuk mempermudah donatur dalam menyalurkan dana zakat, infaq, dan sodaqoh. Sebagai sistem pembayaran nontunai yang praktis, Qris dijadikan media pengumpulan dana ZIS oleh BAZNAS Provinsi Bali dalam upaya meningkatkan minat para donatur. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah strategi pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris dalam meningkatkan minat donatur di BAZNAS Provinsi Bali? (2) Bagaimanakah sistem berbayar nontunai Qris mendukung strategi pengumpulan dana ZIS di BAZNAS Provinsi Bali? (3) Bagaimanakah cara menyelesaikan faktor penghambat dari pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris di BAZNAS Provinsi Bali? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris dalam meningkatkan minat donatur di BAZNAS Provinsi Bali, (2) Untuk mengetahui Qris menjadi pendukung strategi pengumpulan dana ZIS di BAZNAS Provinsi Bali, (3) Untuk mengetahui penyelesaian dari faktor penghambat strategi pengumpulan dana ZIS melalui Qris. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan akan dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data yang diperoleh berdasarkan fakta dan data dilapangan. Sumber data ialah sumber data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Untuk menguju validitas keabsahan data: (1) Kekuatan pengamatan, (2) Triangulasi dan, (3) Referensi. Untuk teknik analisa data meliputi: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan, (3) Simpulan atau verifikasi.. Hasil akhir dari penelitian ini adalah BAZNAS Provinsi Bali dalam menyebarkan Qr Code Qris melalui media offline milik mereka yaitu: Majalah dan brosur. Adapun yang melalui media online mereka lakukan pada: (1) Broadcast Whatsapp; (2) Instagram; (3) dan juga Facebook. Upaya BAZNAS Provinsi Bali dalam meningkatkan minat donatur yaitu dengan cara: (1) Membuat donatur nyaman dengan mendoakan mereka setelah berdonasi; (2) Membangun kepercayaan mereka melalui label BAZNAS sebagai lembaga pemerintah dan melakukan publikasi terhadap pelaporan keuangan mereka. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini nantinya bisa menambah pustaka dan sarana pengembangan ilmu pengetahuan.
References
Kitab dan Perundang-undangan
Agama, Departemen. 2002. al-Quran dan Terjemahan. Depok: Al-HudaAl-Jauziyyah, Ibnu Qayyim. 2008. Mukhtashar Zaadul Ma’ad Jakarta: Akbar Media
Kebudayaan, dan Departemen Pendidikan. 1989. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
RI, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Buku
Azhari, Fahmi Ardhi. 2016. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
Dirgantoro. 2001. Manajemen Strategi, Konsep, Kasus, dan Implementasi. Jakarta: Grasindo
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya: Dasar, Pengertian. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, Nurul. 2000. Zakat Perspektif Mikro Makro. Bandung: Rahma Persada
Ibror, Fahmi. 2001. Zakat Infaq Shodaqoh Produktif. Jakarta: Insan Pers
Ishak, Dahlan. 2000. Manajemen Zakat Infaq Shodaqoh. Bandung: Insan Madani
Juwaini, Ahmad. 2008. Panduan Direct Mail untuk Fundraising. Jakarta: Piramedia
Komariah, Aan dan Satori, Djam’an. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Mapiare, Andi. 1997. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional
Moeliono, Anton M. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Muhaimin. 1994. Skripsi. Semarang: IKIP
Purwanto, April. 2009. Manajemen Fundraising Bagi Organisasi Pengelola Zakat. Jakarta: Teras
Poerwadarminta, WJS. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Qadir, Abdurrahman. 2005. ZIS dalam Dimensi Mahdhah dan Sosial. Jakarta: Raja Grapindo Persada
Qardhawi, Yusuf. 2006. Spektrum Zakat dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan. Jakarta: Zikrul Hakim
Shaleh, Abdul Rahman, dan Wahab, Muhbid Abdul. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media
Soemitra, Andri. 2017. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Depok: Kencana
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Zahro, Fatimatuz. 2019. Tesis. Surabaya: UINSA Surabaya
Pernyataan Lisan
A. Arrasyid, Kadiv. Operasional Harian BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Terbuka, Denpasar 11 Agustus 2020
A. Ramdan Kurniawan, Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar 22 Agustus 2020
Bimo Dwi R. S., Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar 22 Agustus 2020
Devi Elviana, Staff Operasional Harian BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Pribadi, Denpasar 27 Juni 2020
Fika Pratiwi, Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar, 23 Agustus 2020
Hani Fadila, Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar 19 Agustus 2020
Mahrusun, Ketua BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Terbuka, Denpasar 19 Agustus 2020
Safira Febianti, Donatur BAZNAS Provinsi Bali, Wawancara Google Form., Denpasar 20 Agustus 2020
Internet
Bank Indonesia. 2019. Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick response code untuk Pembayaran. (Online), (https://bi.go.id/id/peraturan/sistem-pembayaran/Pages/padg_211819.aspx), diakses 21 Agustus 2019
Bank Indonesia. 2020. QRIS, (Online), (https://bi.go.id/id/sistem-pembayaran/QRIS/Contents/Default.aspx), diakses 30 april 2020
Mughnifar Ilham. 2020. Pengertian Strategi Menurut Para Ahli Secara Umum. (Online), (https://materibelajar.co.id/pengertian-strategi/), diakses 6 juni 2020