Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Menabung Pada Tabungan Wadiah Di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.20Keywords:
Strategi Pemasaran, Minat Menabung, Tabungan Wadiah.Abstract
Produk Tabungan Wadiah merupakan sebuah produk dari Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar. Dengan segala fasilitas serta jaminan keamanan yang baik nampaknya belum banyak menarik perhatian nasabah untuk menabung. Maka dari itu perlu adanya strategi pemasaran guna meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran yang di gunakan dalam meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar? (2) Bagaimana hasil dari adanya strategi pemasaran dalalm meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran yang di gunakan dalam meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar. (2)Untuk mengetahui bagaimana hasil dari adanya strategi pemasaran dalalm meningkatkan minat menabung pada tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Denpasar. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan terdiri dari 12 informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Bank Syariah Mandiri Menggunakan Strategi Pemasaran 4P (Produk (product), Harga (price), Tempat(place), Promosi (promotion), (2) Hasil dari adanya Strategi Pemasaran yang dilakukan BSM maka akan menimbulkan aspek-aspek yang terdapat dalam minat beli. setelah memenuhi aspek tersebut maka calon nasabah akan membeli produk tersebut dan menggunakannya yaitu produk tabungan wadiah.
References
Buku
Augusty, Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Moloeng, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Kasmir. 2005. Pemasaran Bank, Jakarta: Kencana
Stanton, William J. 1991. Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga
Sver W. Dagum, Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Jakarta: 2000, Cet ke 2, h. 804
Moloeng, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Skripsi
Abu Naim, 2019 “Strategi Pemasaran Tabungan Singun Dalam Upaya Meningkatkan Minat Menabung Masyarakat di BMT Dinar Rahmat Insasi Muamalat KCP Margasari Tegal”, Skripsi, (Purwokerto: IAIN), https://www.semanticscholar.org, diakses 12 September 2020
Nurlaila Magfiroh,2018 “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung Nasabah di BMT An-Nur Rewwin Sidoarjo”, Skripsi, (Surabaya: UIN Sunan Ampel), http://digilib.uinsby.ac.id, diakses 12 September 2020
Wawancarara online
Aulia Putri Nurmala , Pegawai Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020
Siti Rohmawati, Pegawai dan Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020
Irma Fatmasari, Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020
Randie, Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020
Ria Ashar, Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Denpasar, Wawancara Online, Denpasar 20 Agustus 2020