Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kualitas Nasabah Pada Produk Pembiayaan Mikro Faedah 25 Di PT Bank Bri Syariah Cabang Denpasar

Authors

  • Yashinta Novi Hapsari Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Kusjuniati Kusjuniati Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Iswahyuni Iswahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.23

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kualitas Nasabah

Abstract

Strategi pemasaran merupakan cara yang digunakan oleh instansi, perusahaan, organisasi atau kegiatan lainnya untuk mendapatkan pelanggan dan nasabah. Memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan itu akan mencerminkan diri dari instansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Strategi pemasaran pada produk pembiayaan mikro faedah 25 di bank BRI Syariah Cabang Denpasar, 2) Kualitas nasabah pada produk pembiayaan mikro faedah 25 di bank BRI Syariah Cabang Denpasar, dan 3) Kendala dalam pemasaran produk pembiayaan mikro faedah 25 di bank BRI Syariah Cabang Denpasar. Metode penelitian yang digunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Informan terdiri dari 5 dipilih menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh: 1) Strategi pemasaran yang digunakan pada produk pembiayaan mikro faedah 25 di bank BRI Syariah Cabang Denpasar yaitu dengan menawarkan produk kepada pemilik usaha mikro, pemanfaatan media sosial untuk penyebarluasan informasi dan menghubungi nasabah yang sudah lunas pembiayaannya, 2)Peningkatan kualitas nasabah dilakukan dengan prinsip 5C (character, capacity, condition, collateral dan capital) yang berguna untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi, dan 3) Kendala pemasaran yang ditemui karyawan yaitu data nasabah tidak lengkap, tidak sesuai dan tidak terdaftar pada dukcapil atau pencatatan sipil.

References

Buku

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Augusty Ferdinand. 20016. Metode Penelitian Manejemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2010.Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media

Helaluddin dan Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Huda, Nurul dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi Edisi Pertama. Depok: Kencana

Kadir, Abd.Rahman. 2001. Pengaruh Komitmen Manajemen Bank Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan dan Tingkat Kepuasan Nasabah di Sulawesi Selatan, Desertasi UNAIR Surabaya

Kotler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Ke Delapan. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gerry. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasarn Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Langgeng, Sri. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Surabaya: UPN Press

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori & Praktik. Salemba Empat

Noeng Muhadjir.2000. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake SarasinP

P. Cannon, Joseph, dkk. 2009. Pemasaran Dasar Edisi 16, Jakarta: Salemba Empat

Saladin, Djaslim. 2003. Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya

Siagian P. Sondang. 2004. Managemen Strategi. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga

Suryana, Agus. 2007. Strategi Pemasaran untuk Pemula. Jakarta: Edsa Mahkota

Suyanto, Mohammad. 2008. Markrting Strategy Top Brand Indonesia. Andi Publisher

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa Edisi Pertama. Jakarta: Andi

Yudianto, Heri. 2017. Catatan Guru Penulis. Meja Tamu Publishing

Skripsi / Jurnal

Agustina, Sri Ayu. 2018.Analisis Penilaian Karakter Nasabah, Jaminan, Dan Kelayakan Usaha Dalam Pemberian Pembiayaan Di PT. BPRS Gebu Prima. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Hurriyyah, Dian. 2018. Analisis Penilaian Karakter Dalam Penyaluran Pembiayaan Murabahah Pada KSPPS BMT Alfataya Payakumbuh, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar

Internet

Samuel. 2016. Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian. (http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian). Diakses pada 15 April 2020

Zakky. 2020. Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. (https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/). Diakses pada 16 April 2020

(http://www.duniapelajar.com/2014/08/pengertian-peningkatan-menurut-para-ahli, diakses pada 27 Maret 2020)

(http://www.eprints.walisongo.ac.id, diakses pada 22 Maret 2020)

(http://www.id.wikipedia.org/wiki/pemasaran, diakses pada 23 Maret 2020)

(https://www.jurnal.id/id/blog/4-jenis-strategi-pemasaran-produk-yang-perlu-anda-ketahui/, diakses pada 14 April 2020)

(http://www.repository.iainpurwokerto.ac.id, diakses pada 22 Maret 2020)

(http://www.repository.unpas.ac.id/5723/5/BAB%20II.pdf, diakses pada 24 Maret 2020)

(http://www.seputarpengetahuan.co.id, diakses pada 22 Maret 2020)

(http://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/02/10-pengertian-strategi-menurut-paraahli-lengkap.html, diakses pada 24 Maret 2020)

(http://www.pelajaran.co.id/2007/02/pengertian-strategi-menurut-pendapat-para-ahli-terlengkap.html, diakses pada 24 Maret 2020)

Al – Quran

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Denpasar

Downloads

Published

22-09-2022

How to Cite

Yashinta Novi Hapsari, Kusjuniati Kusjuniati, & Iswahyuni Iswahyuni. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kualitas Nasabah Pada Produk Pembiayaan Mikro Faedah 25 Di PT Bank Bri Syariah Cabang Denpasar. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 2(1), 66–83. https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.23

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.