Analisis Butir Soal HOTS untuk Menguji Pemahaman Siswa SMK Jurusan Akuntansi Menggunakan Software Anates
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.107Keywords:
Penelitian, Uji Coba, Butir Soal HOTS, Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan ManufakturAbstract
Penelitian uji coba soal ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa SMK jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga pada elemen Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur yang dilakukan pada bulan November 2024. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menyebar g-form kepada subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan program Anates versi 4.0.9 untuk mengukur reliabilitas, kesulitan, daya beda, kualitas pengecoh, serta rekapitulasi analisis item soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai reliabilitas dari soal tes berkriteria cukup dengan nilai reliabilitas sebesar 0,65 . Untuk Tingkat kesulitan butir soal diketahui 12 soal dengan tingkat kesulitan “Sangat mudah” dan 3 soal tingkat kesulitan “mudah”. Dalam daya pembeda butir soal, terdapat 8 butir soal yang termasuk dalam kategori “Buruk”, 4 butir soal yang tergolong “Cukup”, 2 butir soal yang masuk kategori “Baik”, dan 1 butir soal yang tergolong “Sangat Baik”. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa, terdapat 4 butir soal yang dapat digunakan namun masih harus diperbaiki dan terdapat 8 butir soal yang harus diperbaiki. Sehingga hanya tersisa 3 butir soal dari 15 soal yang dapat digunakan untuk bahan uji coba peserta didik.
References
Ambarawati, Y.F. & Ismiyati, I. (2021). Analisis butir soal pilihan ganda ulangan akhir semester genap mata pelajaran kearsipan. Measurement in Educational Research, 1(2). http://dx.doi.org/10.33292/meter.v1i2.144
Amelia, N., Paridjo, & Sina, I. (2021). Analisis butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan software anates. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 447–456. https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8356
Anwar, B., Buku Master Book Kimia SMA-MA/SMK-MAK Kelas X, XI, XII, 2021, Bandung, Yrama Widya, ISBN : 978-602-374-952-2
Ashari, S. D. (2021). Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Efektivitas Pengecoh Soal Ulangan Akhir Semester Pjok Kelas Iv Dan V Sd Negeri Ngombol, Purworejo Tahun Ajaran 2020/2021. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71423
Aurelia, T. R., Agnola, E. B. Y., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2024). ANALISIS EVALUASI BUTIR SOAL MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN SOFTWARE ANATES OLEH PESERTA DIDIK SMK KETINTANG. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(11). https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jikm/article/view/6317
Dewi P. Elvia R. Elvinawati. 2021. PENGEMBANGAN BUTIR SOAL HOTS UNTUK MENGUJI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI MA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2): 141 – 148. ISSN 2615-2819. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17119
Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal Mudarrisuna, 10(2), 58-74. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7839
Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734-1739. http://dx.doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419
Fiska, Joelan M., Yunin H., Nur Qomaria., dan Wiwin Puspita H. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian IPA Menggunakan Software Anates pada Pendekatan Teori Tes. Jurnal Natural Science Educational Research.4(1) https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133
Fietri, W. A., Lufri, Syamzurizal, & Zulyusri. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kerinci. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 8(2), 50–60. https://doi.org/10.23887/jjpb.v8i2
Gradini,E., Menilik Konsep Kemampuan BerpikirTingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika,Jurnal Numeracy, 2019, 6(2): 189-203. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.475
Irawati, R., Ekawati, E. Y., & Budiawanti, S. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Menggunakan Program Anbuso di SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 11. https://doi.org/10.20961/jmpf.v10i1.42084
Kaka L. Bano O V. Dkk. 2024. EFEKTIVITAS ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MENGGUNAKAN APLIKASI ANATES DI SMPN 2 KANATANG. Jurnal Inovasi Penelitian. ISSN 2722-9475. Vol. 4 No. 2. https://doi.org/10.47492/jip.v4i9.3124
Lestari D L. Yumma Z R. Dkk. 2024. Analisis Kualitas Butir Soal HOTS pada Mata Pelajaran Biologi yang Diberikan pada Siswa Kelas 12 dan Dievaluasi Menggunakan Aplikasi Anates. Journal of Basic Educational Studies. ISSN 2775-7269. Vol 4 No 2. https://doi.org/10.47467/edu.v4i2.1935
Muchlizani, N. A.,Mania, S., & Rasyid, M. N. A. 2023. Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Mi Radhiatul Adawiyah Makassar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1), 224–240. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.32040
Naibaho, M. A. U., Taroreh, M. L. G., & Kapantow, G. H. M. (2021). Kajian Keberlanjutan Program Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (Ypbsu) Pasca Penutupan Tambang Pt. Newmont Minahasa Raya (Pt. Nmr) Di Kecamatan Ratatotok Minahasa Tenggara. Agri-Sosioekonomi, 17(2), 177. https://doi.org/10.35791/agrsosek.17.2.2021.33834
Pradita, E., Megawanti, P., & Yulianingsih, Y. (2023). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor PTS Matematika SMPN Jakarta. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 109-118. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/8645
Pramarth, I. N. B., Rathintara, I. A. L., & Astapa, I. G. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal on Education, 6(1), 680-686.
Rahayu, L. P., & Sukenti, D. (2024). Kualitas Soal Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 2 Bangko Pusako: Analisis Butir Soal. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(4), 3755-3762. https://www.e-journal.my.id/onoma/article/view/4481
Ramadhan, W., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. (2023). Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choice Questions pada Penilaian Harian Sekolah Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 93–105. https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.6155
Ratih, P. D., Pristanti, V. A., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2024). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skills Menggunakan Software Anates Versi 4.0 Pada Fase E Elemen Etika Profesi Di Bidang Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Siswa Smk Jurusan Akuntansi Kelas X. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(11). https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jikm/issue/view/366
Saputri, H. A. S., & Larasati, N. J. (2023). ANALISIS INSTRUMEN ASSESMEN: VALIDITAS, RELIABILITAS, TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA BUTIR SOAL. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2986-2995. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2268
Saraswati, P.M.S., dan Gusti Ngurah Sastra Agustika, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika,Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2020, 4(2) : 257-269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Widhiyani, I. A. N. T., I. N. Sukajaya, dan G. Suweken., Pengembangan Soal Higher Order Thinking SkillsUntuk PengkategorianKemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP, Jurnal Pendidikan danPembelajaran Matematika Indonesia, 2019, 8(2): 161 – 170. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2854
Yusuf W F. 2024. ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN SUMATIF BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN ANATES PADA KELAS X SMA. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. ISSN : 2777-0575. Vol. 4 No. 1. https://doi.org/10.51878/learning.v4i1.2777