PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS FLIPBOOK PADA ELEMEN PRINSIP-PRINSIP DAN KONSEP AKUNTANSI DASAR DAN PERBANKAN DASAR FASE E GUNA MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK

Authors

  • Ziadatul Nur Lailiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Wanda Nuranisa Universitas Negeri Surabaya
  • Nawara Daud Caesar Henery Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Amirul Arif Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar practice set akuntansi perusahaan dagang berbasis flipbook, mengevaluasi kelayakannya, serta menganalisis respons peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar tersebut. Penelitian pengembangan ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan utama: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di beberapa SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar elektronik berbasis flipbook pada mata pelajaran ekonomi memberikan dampak positif, baik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik maupun aktivitas mereka selama proses pembelajaran. Aktivitas peserta didik yang mengalami peningkatan mencakup aspek visual, verbal, mendengarkan, menulis, serta keterlibatan emosional. Hal ini menegaskan bahwa bahan ajar berbasis flipbook dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan mendukung pembelajaran interaktif serta menyenangkan.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar elektronik, Flip Book, Hasil belajar.

 

Downloads

Published

24-12-2024

How to Cite

Lailiyah, Z. N., Wanda Nuranisa, Nawara Daud Caesar Henery, Luqman Hakim, & Amirul Arif. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS FLIPBOOK PADA ELEMEN PRINSIP-PRINSIP DAN KONSEP AKUNTANSI DASAR DAN PERBANKAN DASAR FASE E GUNA MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK . Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 4(1), 511–532. https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.101