Analisis Butir Soal Pilihan Ganda pada Elemen Akuntansi Keuangan Guna Mengoptimasi Evaluasi Menggunakan Anates V4.0
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.95Keywords:
Analisis Butir Soal, Anates V4.0, Evaluasi, Optimasi Butir SoalAbstract
Peningkatan kualitas instrumen evaluasi merupakan aspek kritis dalam sistem pendidikan modern, khususnya dalam konteks pendidikan kejuruan di Indonesia. Penelitian ini fokus pada optimasi butir soal pilihan ganda pada elemen akuntansi keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan menggunakan software Anates V4, sebuah instrumen analisis tes canggih yang memungkinkan evaluasi mendalam terhadap kualitas instrumen penilaian. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian melibatkan 20 siswa kelas XI jurusan akuntansi dan menganalisis 10 butir soal pilihan ganda melalui serangkaian parameter kualitas, mencakup reliabilitas, validitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Analisis dilakukan dengan memanfaatkan kemampuan komprehensif Anates V4 untuk memberikan penilaian menyeluruh terhadap instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien reliabilitas tes sebesar 0,77, termasuk kategori reliabilitas tinggi. Dari segi validitas, 6 dari 10 soal memiliki korelasi signifikan, sementara 4 soal memerlukan revisi atau penghapusan. Analisis daya pembeda mengungkapkan 8 soal berkategori baik hingga sangat baik, sedangkan 2 soal membutuhkan perbaikan. Tingkat kesukaran soal bervariasi, dengan 1 soal mudah, 8 soal berkategori sedang, dan 1 soal sangat sukar. Penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan Anates V4 memberikan analisis komprehensif terhadap kualitas instrumen tes, membantu pendidik dalam mengidentifikasi dan memperbaiki butir soal guna meningkatkan efektivitas penilaian dalam pembelajaran akuntansi keuangan.
References
Akhmadi, M. N. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL EVALUASI TEMA 1 KELAS 4 SDN PLUMBUNGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ANATES. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 799–806. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1464
Azzahroh, S., Iman, F. L., Anwar, B., & Aziz, R. (2022). Analisis butir soal ujian akhir semester mata kuliah psikologi belajar menggunakan software anates. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 2(2). https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.17228
Butir, A., Evaluasi, S., & Akhmadi, M. N. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL EVALUASI TEMA 1 KELAS 4 SDN PLUMBUNGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ANATES.
Drs. Syafril, M. d. (2019). Dasar Dasar Ilmu Pendidikan (1 ed.). Depok: Kencana.
Elviana. (2020a). ANALISIS BUTIR SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PROGRAM ANATES (Vol. 10).
Eprillison, V., & Gumanti, D. (n.d.). PENERAPAN APLIKASI ANATES DALAM MENGANALISIS BUTIR SOAL PADA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI SMA YAPI PADANG.
Fakhri Ramadhan, M., Siroj, R. A., & Win Afgani, M. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 06(02), 10967–10975.
Fietri, W. A. (2021). Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows (Vol. 7).
Fietri, W. A., Lufri, Syamzurizal, & Zulyusri. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kerinci.
Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN IPA MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES PADA PENDEKATAN TEORI TES KLASIK. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(1), 2021.
Gusmizain, A. (2022). KARAKTERISTIK BUTIR SOAL TES MATA KULIAH MATRIKS & RUANG VEKTOR MAHASISWA MATEMATIKA. In Jurnal Evaluasi Pendidikan (Vol. 13).
Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. In MATHEMA JOURNAL E-ISSN (Vol. 2).
Ismanto. (2014). EVALUASI_HASIL_BELAJAR_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM_PAI.
Kaka, L., Baro, V. O., & Njoeroemana, Y. (2024). EFEKTIVITAS ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MENGGUNAKAN APLIKASI ANATES DI SMPN 2 KANATANG. Jurnal Inovasi Penelitian.
Khasanah, I., Fuady, A., & Sunismi. (2023). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda. In MATHEMA JOURNAL E-ISSN (Vol. 5).
Lasmy, L., Yusrizal, Y., & Razali, R. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL USBN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA KABUPATEN ACEH BARAT. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 444. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5500
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). ANALISIS VALIDITAS, RELIABILITAS, TINGKAT KESULITAN DAN DAYA BEDA BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER TEMA 7 KELAS III SDN KARET 1 SEPATAN. In BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 3). Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mania, S., Fitriani, F., Majid, A. F., Ichiana, N. N., & Abrar, A. I. P. (2020). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2). https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16569
Mardiyah, H., & Rufi, H. (2024). PENGGUNAAN APLIKASI ANATES PADA ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR JENJANG (Vol. 11).
Maulidah, H., Sukarno, S., & Syefrinando, B. (2023). ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN TES FISIKA KELAS X MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES. Physics and Science Education Journal (PSEJ). https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1660
Merlin Purwati, L., Arianty, R., Malaka Syakilah, D., Ridlo, S., & Susilaningsih, E. (2021). Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skill menggunakan Aplikasi Anates Windows Versi 4.0.9 For Windows. Retrieved from www.journal.uniga.ac.id
Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23335
Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., Wiwin, D., & Hadi, P. (2022). HUBUNGAN ANTARA VALIDITAS ITEM DENGAN DAYA PEMBEDA DAN TINGKAT KESUKARAN SOAL PILIHAN GANDA PAS. In Jurnal Natural Science Educational Research (Vol. 4).
Prastika, Y. D. (2021). PENGARUH VALIDITAS, RELIABILITAS DAN TINGKAT KESUKARAN TERHADAP KUALITAS BUTIR SOAL EKONOMI MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES DI SMKN 3 BANGKALAN.
Riani, D., Almujab, S., Dina, A., & Budiarto, R. (2020). ANALISIS BUTIR SOAL DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI.
Sudijono, P. D. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo.
Surapranata.Sumarna. (2006). ANALISIS. VALIDITAS. RELIABILITAS DAN INTERPRETASI HASIL TES. PT REMAJA ROSDAKARYA .
Syamsurizal. (n.d.). Validitas dan Reliabitas Alat Ukur Syamsurizal.
Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL TIPE HOTS PADA KOMPETENSI SISTEM REM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914
Wati, I., Novita, Y., & Iqbal Lubis, M. (2022). Pelatihan Penggunaan Software Anatest dalam Menganalisis Butir Soal Tes Ekonomi bagi Mahasiswa Calon Guru. 63(2), 2022. Retrieved from https://ejournal.anotero.org/index.php/tasnim