Analisis Pengaruh Cara Belajar Mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2023 UINSU Terhadap Prestasi Akademik

Authors

  • Suci Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Farhan Rizal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aditya Rifki Fauzan Ginting Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Afriyanti Sihite Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Ridwan Fauzi Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adelina Oktavia Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Cara belajar, motivasi, prestasi akademik, mahasiswa, waktu belajar

Abstract

Abstract. This study aims to analyze the influence of study methods, study location, study time, and learning motivation on the academic performance of Information Systems students from the 2023 cohort at UINSU. The research involved 72 respondents and applied a quantitative approach using conditional probability analysis. The results indicate that reading and discussion-based learning methods have the highest influence on achieving a GPA of ≥ 3.5. Studying in private spaces such as bedrooms or personal homes, and studying at night, were also proven to support optimal academic performance. Additionally, high learning motivation was identified as a critical factor driving consistency and effectiveness in learning. The study concludes that academic success is influenced by a combination of active learning strategies, conducive study environments, appropriate study times, and strong internal motivation.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cara belajar, tempat belajar, waktu belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2023 UINSU. Data diperoleh dari 72 responden, dengan pendekatan kuantitatif melalui analisis probabilitas bersyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar membaca dan berdiskusi memiliki pengaruh paling besar terhadap pencapaian IPK ≥ 3.5. Tempat belajar di kamar atau rumah pribadi dan waktu belajar malam hari juga terbukti mendukung pencapaian akademik yang optimal. Selain itu, motivasi belajar yang tinggi menjadi faktor penting yang mendorong konsistensi dan efektivitas dalam proses belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan akademik mahasiswa dipengaruhi oleh kombinasi dari metode belajar aktif, lingkungan belajar yang kondusif, waktu belajar yang tepat, dan dorongan motivasi internal yang kuat.

References

Anwar, Z. (2024). Strategi sukses akademik bagi mahasiswa.

Penerbit Adab.

Idris, H. (2022). Seni menjadi mahasiswa unggul

Penerbit Andi.

Julianti, U. F. (2022). Prestasi belajar mahasiswa. PT. Nasya Expanding Management.

Santrock, J. W. (2007). Educational psychology (2nd ed.).

McGraw-Hill.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sidabutar, M. (2021). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Epistema, 1(2).

Lestari, D. A., & Marsofiyati. (2024). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(4), 21

Downloads

Published

01-07-2025

How to Cite

Suci Ramadhani, Muhammad Farhan Rizal, Aditya Rifki Fauzan Ginting, Sri Afriyanti Sihite, M. Ridwan Fauzi Harahap, & Adelina Oktavia Nasution. (2025). Analisis Pengaruh Cara Belajar Mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2023 UINSU Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 4(2), 143–149. Retrieved from https://ijemr.politeknikpratama.ac.id/index.php/JNSI/article/view/243

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.