Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kualitas Nasabah Pada Produk Pembiayaan Mikro Faedah 25 Di PT Bank Bri Syariah Cabang Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.23Keywords:
Strategi Pemasaran, Kualitas NasabahAbstract
Strategi pemasaran merupakan cara yang digunakan oleh instansi, perusahaan, organisasi atau kegiatan lainnya untuk mendapatkan pelanggan dan nasabah. Memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan itu akan mencerminkan diri dari instansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Strategi pemasaran pada produk pembiayaan mikro faedah 25 di bank BRI Syariah Cabang Denpasar, 2) Kualitas nasabah pada produk pembiayaan mikro faedah 25 di bank BRI Syariah Cabang Denpasar, dan 3) Kendala dalam pemasaran produk pembiayaan mikro faedah 25 di bank BRI Syariah Cabang Denpasar. Metode penelitian yang digunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Informan terdiri dari 5 dipilih menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh: 1) Strategi pemasaran yang digunakan pada produk pembiayaan mikro faedah 25 di bank BRI Syariah Cabang Denpasar yaitu dengan menawarkan produk kepada pemilik usaha mikro, pemanfaatan media sosial untuk penyebarluasan informasi dan menghubungi nasabah yang sudah lunas pembiayaannya, 2)Peningkatan kualitas nasabah dilakukan dengan prinsip 5C (character, capacity, condition, collateral dan capital) yang berguna untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi, dan 3) Kendala pemasaran yang ditemui karyawan yaitu data nasabah tidak lengkap, tidak sesuai dan tidak terdaftar pada dukcapil atau pencatatan sipil.
References
Buku
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers
Augusty Ferdinand. 20016. Metode Penelitian Manejemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2010.Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media
Helaluddin dan Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Huda, Nurul dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi Edisi Pertama. Depok: Kencana
Kadir, Abd.Rahman. 2001. Pengaruh Komitmen Manajemen Bank Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan dan Tingkat Kepuasan Nasabah di Sulawesi Selatan, Desertasi UNAIR Surabaya
Kotler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Ke Delapan. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Armstrong, Gerry. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasarn Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Langgeng, Sri. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Surabaya: UPN Press
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori & Praktik. Salemba Empat
Noeng Muhadjir.2000. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake SarasinP
P. Cannon, Joseph, dkk. 2009. Pemasaran Dasar Edisi 16, Jakarta: Salemba Empat
Saladin, Djaslim. 2003. Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya
Siagian P. Sondang. 2004. Managemen Strategi. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga
Suryana, Agus. 2007. Strategi Pemasaran untuk Pemula. Jakarta: Edsa Mahkota
Suyanto, Mohammad. 2008. Markrting Strategy Top Brand Indonesia. Andi Publisher
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa Edisi Pertama. Jakarta: Andi
Yudianto, Heri. 2017. Catatan Guru Penulis. Meja Tamu Publishing
Skripsi / Jurnal
Agustina, Sri Ayu. 2018.Analisis Penilaian Karakter Nasabah, Jaminan, Dan Kelayakan Usaha Dalam Pemberian Pembiayaan Di PT. BPRS Gebu Prima. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
Hurriyyah, Dian. 2018. Analisis Penilaian Karakter Dalam Penyaluran Pembiayaan Murabahah Pada KSPPS BMT Alfataya Payakumbuh, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
Internet
Samuel. 2016. Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian. (http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian). Diakses pada 15 April 2020
Zakky. 2020. Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. (https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/). Diakses pada 16 April 2020
(http://www.duniapelajar.com/2014/08/pengertian-peningkatan-menurut-para-ahli, diakses pada 27 Maret 2020)
(http://www.eprints.walisongo.ac.id, diakses pada 22 Maret 2020)
(http://www.id.wikipedia.org/wiki/pemasaran, diakses pada 23 Maret 2020)
(https://www.jurnal.id/id/blog/4-jenis-strategi-pemasaran-produk-yang-perlu-anda-ketahui/, diakses pada 14 April 2020)
(http://www.repository.iainpurwokerto.ac.id, diakses pada 22 Maret 2020)
(http://www.repository.unpas.ac.id/5723/5/BAB%20II.pdf, diakses pada 24 Maret 2020)
(http://www.seputarpengetahuan.co.id, diakses pada 22 Maret 2020)
(http://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/02/10-pengertian-strategi-menurut-paraahli-lengkap.html, diakses pada 24 Maret 2020)
(http://www.pelajaran.co.id/2007/02/pengertian-strategi-menurut-pendapat-para-ahli-terlengkap.html, diakses pada 24 Maret 2020)
Al – Quran
Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Denpasar