PENDEKATAN SISTEM DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN UNTUK MEMBANGUN MUTU KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP PAB 8 SAMPALI

Authors

  • Geniza Aidilla Syuaira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adinda Julia Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Naffa Qaila Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Said Hasian Simanjuntak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Panji Kesuma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Fattah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v3i2.140

Keywords:

Pendekatan Sistem, Kualitas, Pendidikan

Abstract

Abstrak. Pendekatan sistem adalah cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengidentifikasi kebutuhan, memilih masalah, mencari solusi, membuat alternatif solusi, menghasilkan hasil, dan merevisi persyaratan sistem yang terkait. Penelitian ini mencari tahu bagaimana pendekatan sistem bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan menganalisis faktor-faktor seperti sinkronisasi, pengelolaan sumber daya, dan keterlibatan pemangku kepentingan, penelitian ini ingin mencari cara untuk menggunakan pendekatan sistem yang lebih baik dalam mencapai hasil pendidikan yang lebih baik. Dengan menguatkan hubungan antara elemen-elemen dalam sistem pendidikan, diharapkan bisa terbentuk ekosistem pendidikan yang lebih responsif, adaptif, dan berorientasi pada hasil. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini bisa membantu dalam pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan memberikan pandangan yang lebih komprehensif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh.

References

Danial, Rahman. Dkk. 2021. Problematika Yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Tantangan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Management Education. Volume 1 Nomor 1.

Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362-5369.

Fathurrohman. Sulistyorini. 2016. Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Hanifah, Unik Salsabila. Dkk. 2020. Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education. Volume 03, Nomor 01.

Iskandar, J. (2017). Penerapan Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Madrasah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Mulyasa, E. Menjadi kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosada Karya, 2003.

Nasution. 2010. Teknologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78-84.

Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik di kelas iv sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 74-82.

Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Sudiman, A., Raharjo, R., Haryono, A., & Harjito. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Rajagrafindo Persada.

Susanti, R. 2013. Teknologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Transformasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 2, Nomor 2.

Tamiang, Yusuf. 2022. Pengambilan Keputusan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMK Negeri 2 Medan. Journal of Education and Social Analysis. Volume 3, Nomor 1.

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

Syuaira, G. A., Putri, A. J., Dalimunthe, N. Q., Simanjuntak, S. H., Kesuma, P., & Nasution, A. F. (2024). PENDEKATAN SISTEM DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN UNTUK MEMBANGUN MUTU KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP PAB 8 SAMPALI. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 3(2), 35–52. https://doi.org/10.61412/jnsi.v3i2.140

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)