MANAJEMEN MUTU DI MA PLUS AL UMM SMART CENTRE TEMBUNG

Authors

  • Aisyah Fadilah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Evy Juliani Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fatimah Azzahra Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zaidan Kholis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Fattah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v3i2.139

Keywords:

Mutu pendidikan, manajemen pendidikan, eningkatan Kualitas Guru

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi peningkatan mutu pendidikan di MA Plus Al-UMM Smart Centre melalui peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam merumuskan visi, misi, dan implementasi standar pendidikan nasional. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan faktor-faktor yang memengaruhi mutu pendidikan, termasuk kurikulum, kualitas guru, serta sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah memainkan peran sentral dalam memastikan keberlangsungan proses pendidikan yang berkualitas melalui pengelolaan sumber daya yang terbatas, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, dan penyediaan fasilitas pembelajaran. Selain itu, tantangan utama seperti keterbatasan pembiayaan dan kurangnya dukungan orang tua siswa diatasi dengan pendekatan inovatif, seperti edukasi kepada orang tua dan optimalisasi program berbasis efisiensi. Penelitian ini menegaskan pentingnya kepemimpinan yang visioner dan dukungan kolaboratif dari berbagai pihak untuk mencapai mutu pendidikan yang berkelanjutan.

References

Abdussamad, Z. (2021). Meode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV.Syakira Media Press.

Arnita Niroha Halawa, D. M. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan dan Pembelajaran. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa.

Dian, A. M. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikandi Madrasah Swasta. ALMA' ARIEF: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL DAN BUDAYA.

Kurniawan, S. (2017). PENGEMBANGAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH. AL-TANZIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Merdian Efendi, L. A. (2024). MENGURAI TANTANGAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH: TINJAUAN DARI INPUT-PROSES-OUTPUT. Educational Leadership.

Mustolehudin, M. d. (2019). PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH DI KOTA GORONTALO . EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Rahman Tanjung, Y. S. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser.

Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara RI Tahun 2021 No. 87.

Wahid, L. (2023). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN MESUJI. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah.

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

Fadilah, A., Siregar, E. J., Lubis, F. A., Kholis, Z., & Nasution, A. F. (2024). MANAJEMEN MUTU DI MA PLUS AL UMM SMART CENTRE TEMBUNG. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 3(2), 27–34. https://doi.org/10.61412/jnsi.v3i2.139

Most read articles by the same author(s)