Mengoptimalkan Media Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Analisis Tantangan Dan Peluang Di Era Digital
Keywords:
Pendidikan Bahasa arab, optimal, peluang dan tantangan, era digital, media teknologiAbstract
Abstract. In Arabic language education, the digital era is undoubtedly very influential, particularly in Arabic language learning applications or media. With the advancement of digital technology, digitalized learning has emerged, utilizing technology or the internet to create teaching materials that can be seen, heard, and even felt through the presented material. This research uses a qualitative method with a Library research approach by examining materials or articles related to the study in more depth. The media of Arabic language learning technology are various means, tools, or technology-based platforms designed to support and facilitate the teaching and learning process of the Arabic language. The existence of these platforms enables students to learn independently and hone their Arabic language skills. It is also important to note that these applications or platforms are well-designed and contain accurate and relevant content.
Abstrak. Dalam pendidikan bahasa Arab tentunya era digital sangat berpengaruh, salah satunya pada aplikasi atau media pembelajaran bahasa Arab. Dengan berkembangnya kemajuan teknologi digital menimbulkan pembelajaran secara digitalisasi yang memanfaatkan media teknologi atau internet untuk menciptakan materi bahan ajar secara yang dapat dilihat, didengar hingga dapat dirasakan sebuah materi yang dipaparkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Library research (kepustakaan) dengan mengkaji bahan bahan lebih mendalam atau artikel artikel yang berkaitan dengan penelitian. Media teknologi pembelajaran bahasa Arab adalah berbagai sarana, alat, atau platform berbasis teknologi yang dirancang untuk mendukung dan memperlancar proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Keberadaan platform ini membuat siswa mampu untuk belajar sendiri dan mengasah kemampuan berbahasa Arab mereka sendiri, dan penting juga untuk memperhatikan bahwa aplikasi atau platform ini dirancang baik dan memiliki konten yang akurat dan relevan.
References
[1] Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129.
[2] Afril, R., Husna, I., & Jasem, H. (2024). Learning Arabic in the Digital Era : Challenges and Effective Strategies. Arabiyati, 1(1), 198–220.
[3] Al-Ariff, A. H., & Gumiandari, S. (2024). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL: TANTANGAN IMPLEMENTASI, DAN PELUANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(7), 987–998. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmpb-widyakarya/article/view/1112
[4] Alzubi, A. M. (2023). The Role of Digital Media Technology in Arabic and English Classes in the Kingdom of Jordan. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 6(1), 55–72. https://doi.org/10.31538/alsuna.v6i1.3419
[5] Azhar, M., Wahyudi, H., Promadi, & Masrun. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3160–3164. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20984/15794
[6] Choyna, F. (2024). Dampak Positif dan Negatif dari Perkembangan Teknologi Digital. SMA PANGUDI LUHUR BERNARDUS DELTAMAS.
[7] Firsa Afra Yuslizar, Ahmad Zahruddin, Susanti Lathifa Ulfi, & Danial Hilmi. (2023). Implementasi Aplikasi Memrise dalam Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif di Bimbingan Belajar (Bimbel) Adz-Dzakaa’ Malang. Shaut Al Arabiyyah, 11(1), 179–194. https://doi.org/10.24252/saa.v11i1.38644
[8] Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609
[9] Harry Saptarianto, Shelvi Deviani, Syamas Isti Anah, & Indah Noviyanti. (2024). Menghadapi Tantangan Era Digital, Strategi Integrasi Media Sosial, Literasi Digital dan Inovasi Bisnis. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 128–139. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.955
[10] Herlina, E., Yundayani, A., & Astuti, S. (2021). Penggunaan Duolingo sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Penggunaan Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa, 2012, 244–253.
[11] Hidayatullah, T., Ali, M., & Khalid, S. M. (2024). Analisis Penggunaan Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Maharah Istima’ Pada Abad 21. Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan Dan Hukum Islam, 22(1), 148. https://doi.org/10.69552/ar-risalah.v22i1.2385
[12] Keshav, M., Julien, L., & Miezel, J. (2022). The Role Of Technology In Era 5.0 In The Development Of Arabic Language In The World Of Education. Journal International of Lingua and Technology, 1(2), 79–98. https://doi.org/10.55849/jiltech.v1i2.85
[13] Latapamei, D. A., & Rosy, B. (2021). Keefektifan Penggunaan Edmodo sebagai Media Pembelajaran E-Learning Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 4 Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(3), 391–405. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p391-405
[14] Miftahul Jannah, Lalu Muhammad Arifrabbani, & Abdul Aziz. (2023). Pengembangan Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 1(4), 156–168. https://doi.org/10.59841/blaze.v1i4.683
[15] Nasution, S., Asari, H., Al-Rasyid, H., Dalimunthe, R. A., & Rahman, A. (2024). Learning Arabic Language Sciences Based on Technology in Traditional Islamic Boarding Schools in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–102. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.4222
[16] Nazli, W., Fadilah, N., Arab, B., & Indonesia, U. P. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Memrise dalam Pembelajaran Bahasa Arab : Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kosakata dan Penguasaan Bahasa. 8, 24540–24548.
[17] Rahman, A. (2016). Dampak negatif teknologi digital di kehidupan sehari-hari. Al-Ishlah, 14(1), 18–35.
[18] Ramadhani, S., Yasifa, A., & Rizky, R. (2024). Digitalisasi Administrasi Di Mi. Jurnal Mappesona, 7(2), 65–74.
[19] Roziqin, M. N., & Daimah, N. M. (2023). Media Dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. ALFIYAH: Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–23.
[20] Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
[21] Sanjaya, M. B. (2023). SEJARAH ILMU KALIGRAFI DALAM ISLAM DAN PERKEMBANGANNYA. 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59548/je.v1i1.57
[22] Shabur, A., Amadi, M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital: Sistematic Literature Review. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 301–309. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmpb-widyakarya/article/view/1112
[23] Simanjuntak, C. N. S., & Puspasari, D. (2020). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 169–179. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p169-179
[24] Warsita, B. (2018). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif. Jurnal Teknodik, XIV(1), 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452