Optimalisasi Pelayanan Prima (Excellent Service) di Sanctoo Suites & Villas, Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali

Authors

  • Ni Luh Christine Prawitha Sari Suyasa Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali,
  • Ni Kadek Widyastuti Universitas Dhyana Pura
  • Agus Satyananda Mastra Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali,
  • Putu Steven Eka Putra Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali,
  • I Nengah Rata Artana Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali,
  • Eko Sulistyo Universitas Dhyana Pura, Badung, Bali,

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.89

Abstract

Pariwisata dan perhotelan adalah sektor yang menjanjikan dalam pemenuhan ekonomi masyarakat dan saling melengkapi. Hotel yang merupakan faktor utama dalam memberikan pengaruh terhadap pengalaman wisatawan selama perjalanan wisatanya. Pelayanan Prima atau yang diberikan oleh hotel dalam meningkatkan reputasi layanan akomodasi dapat memberikan peningkatan kunjungan wisatawan terutama ke Pulau Bali. Upaya memberikan citra positif suatu hotel, pihak pengelola, karyawan dan seluruh trainee memiliki peranan penting dalam menciptakan tujuan tersebut. Sanctoo Villas and Suite yang terletak di Desa Singapadu, Gianyar berupaka untuk meningkatkan layanan prima guna meningkatkan guest satisfaction. Namun SOP yang telah dibuat yang digunakan sebagai standar pelayanan belum dapat diimplementasikan dengan baik. Melalui sinergisitas dari bentuk kerjasama yang telah terjalin dengan Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, diperlukan pendampingan dari akademisi untuk meningkatkan pengetahun mengenai Excellent Service yang mencakup customer service, grooming, hygiene dan sanitasi serta memberikan pemahaman akan pentingnya disaster preparedness untuk mengantisipasi layanan ketika terjadinya hal emergency di kemudian hari. Kegiatan pengabdian ini akan melibatkan manajer, karyawan, dan trainee dari Sanctoo Villas & Suites dan dosen tetap serta mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Perhotelan.

References

Pelatihan Pondok Wisata, Kemenpar RI, 2019

Penerapan CHSE di Destinasi Wisata, Kemenpar RI, 2020

Supranto, Johannes, 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta.

Sukarsa, I Made, 1999. Pengantar Pariwisata, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Timur (BKS – PTN – INTIM)

Swarbrooke, John dan Susan Horner, 2004. Consumer Behaviour in Tourism, UK, Elsevier Butterworth Heinemann.

Wahab, Salah Ph.D, 2003. Manajemen Kepariwisataan, Jakarta, Pradnya Paramita.

Downloads

Published

11-12-2024

How to Cite

Ni Luh Christine Prawitha Sari Suyasa, Ni Kadek Widyastuti, Agus Satyananda Mastra, Putu Steven Eka Putra, I Nengah Rata Artana, & Eko Sulistyo. (2024). Optimalisasi Pelayanan Prima (Excellent Service) di Sanctoo Suites & Villas, Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 4(1), 13–26. https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.89

Issue

Section

Pengabdian Kepada Masyarakat